Budaya seperti disebutkan wikipedia.org diartikan sebagai sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan, dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan literasi dalam Kamus besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai sesuatu yang berhubungan dengan tulis-menulis. Dalam konteks kekinian, literasi atau literer memiliki definisi dan makna yang sangat luas. Literasi bisa berarti melek teknologi, politik, berpikiran kritis dan peka terhadap lingkungan sekitar. Maka secara sederhana, budaya literasi dapat didefinisikan sebagai kemampuan menulis dan membaca masyarakat dalam suatu Negara.
Membaca dan menulis belum mengakar kuat dalam budaya bangsa kita. Masyarakat lebih sering menonton atau mendengar dibandingkan membaca apalagi menulis. Kondisi di atas tidak hanya pada kalangan awam (masyarakat umum), lingkungan terpelajar atau dunia pendidikan pun masih jauh dari apa yang disebut budaya literasi. Peserta didik belum tertanam kecintaan membaca. Bahkan tak sedikit dari para guru yang juga sama keadaanya. Itu bisa dibuktikan dengan minimnya jumlah buku yang dimiliki mereka. Perpustakaan sekolah yang tak terawat dapat menjadi saksi bisu betapa civitas akademika itu jauh dari budaya literasi. Sebab itu, di awal tahun pelajaran 2015-2016 yang lalu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Permendikbud nomor 23 tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti, salah satu poinnya mewajibkan para siswa untuk membaca buku 10 � 15 menit sebelum jam belajar dimulai.
Ide, gagasan, atau pendapat yang dapat digali terkait dengan budaya literasi :
Pengalaman membiasakan baca � tulis di sekolah
Mengelola perpustakaan sebagai pusat sumber belajar yang menyenangkan
Membaca dan Menulis, Kompetensi Dasar yang harus dimiliki Pendidik
Senin, 31 Oktober 2016
Budaya Baca
Kamis, 27 Oktober 2016
Pembelajaran Menyenangkan
Pembelajaran Menyenangkan adalah suatu pembelajaran di kelas maupun di luar kelas dengan menggunakan metode pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa, mengasyikan, menjadikan siswa tertantang untuk lebih mendalami materi pelajaran, menumbuhkan kreatifitas, sehingga siswa lebih semangat dalam belajar dan hasil belajarnya/prestasinya meningkat. Pembelajaran menyenangkan dapat tercipta jika Pendidik menguasai berbagai metode pembelajaran dan meramunya sehingga menjadi metode pembelajaran yang variatif.
Belajarlah selagi ada kesempatan
menurut kamus Besar Bahasa Indonesia (2002:895) belajar adalah penguasaan pengetahuan dan ketrampilan yang dikembangkan melalui mata pelajaran, lazimnya ditunjukan dengan nilai test atau angka nilai yang diberikan oleh guru.
Rabu, 26 Oktober 2016
Soal Ulangan Tengah Semester Ganjil SBK kelas 4 sd lengkap dengan kunci
RUBAS PAKKAMPI
MAJULAH PENDIDIKAN INDONESIA
JAYALAH INDONESIAKU
E mail:
rubas.pakkampi@gmail.com
Soal Ulangan Tengah Semester Ganjil
Tahun Pelajaran 2016/2017
Mata Pelajaran : SBK
Kelas : IV (Empat)
Kelas : IV (Empat)
Hari Tanggal :
Waktu : menit
Petunjuk
:
1. Tulislah nama dan nomor indukmu pada lembaran jawaban yang telah
disediakan!
2. Bacalah dengan seksama sebelum mengerjakan soal!
3. Kerjakan lebih dahulu soal yang menurutmu mudah!
4. Periksalah kembali pekerjaanmu sebelum menyerahkan kepada pengawas!
A.
Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu jawaban
yang paling tepat!
1. Karya seni rupa yang dapat digunakan sebagai benda pakai disebut …
a. Seni lukis c. Seni rupa terapan
b. Cetak tunggal d. Menggambar bentuk
2.
Karya seni rupa dapat
dibedakan menjadi … fungsi
a. 1 c. 3
b. 2 d. 4
3.
Dibawah ini yang termasuk
contoh dari fungsi praktis adalah …
a. Vas bunga c. Asbak
b. Rak hias d. Lukisan
4.
Dibawah ini hasil karya seni
rupa fungsi estetis, kecuali …
a. Rak hias c. Kemoceng
b. Lukisan d. Vas bunga
5.
Vas bunga dan rak hias
termasuk hasil karya seni rupa dari fungsi …
a. Praktis c. Estetis
b. Pemakaian d. Harga
6.
Gambar yang berfungsi untuk
menjelaskan atau menceritakan suatu kejadian/peristiwa disebut …
a. Gambar ilustrasi c. Gambar sejarah
b. Gambar masa lalu d. Gambar seni
7.
Gambar ilustrasi berfungsi
untuk …
a. Memperindah ruangan c. Menghiasi tempat
b. Memperjelas isi bacaan d. Memperindah pameran
8.
Gambar buah Apel sebaiknya
diberi warna …
a. Coklat c. Kuning
b. Ungu d. Merah
9.
Gambar kehidupan di desa
menunjukkan suasana …
a. Ramai c. Penuh polusi
b. Damai dan tentram d. Penuh keributan
10. Gambar orang-orang di pasar menunjukkan suasana …
a. Sekolah c. Rapat
b. Sawah d. Jual beli
11. Rebana merupakan alat music yang dimainkan dengan cara …
a. Ditiup c. Dipukul
b. Dipetik d. Digesek
12. Lagu kebangsaan Indonesia adalah …
a. Halo-halo Bandung c. Hymne guru
b. Garuda Pancasila d. Indonesia Raya
13. Lagu “Halo-halo Bandung” ciptaan …
a. Ismail Marzuki c. L. Manik
b. W. R. Supratman d. Ibu Sud
14. Salah satu lagu daerah yang berasal dari Sulawesi selatan ialah …
a. Ampar ampar pisang c. tudung periuk
b. Anging mamiri d. desaku yang kucinta
15. Lagu Apuse berasal dari …
a. Sulawesi Utara c. Sumatera Utara
b. Kalimantan Selatan d.
Irian jaya
16. Alat musik tak bernada yaitu …
a. Alat musik tiup c. Alat musik ritmis
b. Alat musik melodis d. Alat musik harmonis
17. Gambar yang hanya memiliki panjang dan lebar disebut …
a. Satu dimensi c. tiga dimensi
b. Dua dimensi d. empat
dimensi
18. Dalam suatu pertunjukkan, alat music ritmis berfungsi untuk
mengatur, kecuali …
a. Gerakan penonton c. Irama
b. Tempo d. Dinamika musik/lagu
19. Lagu yang lahir dari tradisi rakyat/budaya daerah tertentu disebut
…
a. Lagu wajib c. Lagu anak-anak
b. Lagu daerah d. Lagu nasional
20. Lagu yang lahir dan diciptakan pada masa perjuangan kemerdekaan
disebut lagu …
a. Lagu daerah c. Lagu wajib
b. Lagu anak-anak d.
Lagu nasional
B.
Isian
Isilah
titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.
Dalam seni rupa terapan rumah
adat Tongkonan berasal dari daerah …
2.
Seni rupa menurut fungsinya
dibedakan menjadi … dan …
3.
Gambar Apel, Jeruk, Mangga,
Alpukat merupakan contoh gambar ilustrasi bertemakan…
4.
Lagu “Ibu Kita Kartini”
ciptaan …
5.
Alat musk ritmis adalah …
C.
Essay
Isilah
titik-titik di bawah ini dengan jawaban
yang tepat!
1.
Jelaskan pengertian seni rupa
terapan!
2.
Jelaskan pengertian gambar
ilustrasi!
3.
Sebutkan ciri-ciri lagu
daerah!
4.
Apa yang dimaksud lagu wajib!
5.
Apa yang dimaksud lagu
nasional!
KUNCI JAWABAN SOAL UTS SBK KELAS 4
PILIHAN GANDA
1.
C
2.
B
3.
C
4.
B
5.
C
6.
A
7.
B
8.
D
9.
B
10.
D
11.
C
12.
D
13.
A
14.
B
15.
D
16.
C
17.
B
18.
A
19.
B
20.
C
ISIAN
1.
Tanah toraja / tator
2.
seni rupa murni
dan Seni rupa terapan = estetis dan praktis
3.
Buah-buahan
4.
W.R Soepratman
5.
Alat musik ritmis
adalah alat musik yang tidak dapat membunyikan nada-nada tertentu,
melainkan hanya dimainkan sebagai pengiring irama dan pengatur tempo lagu.
URAIAN
1.
Seni rupa yang digunakan pada benda benda yang dipakai sehari hari.
2.
Gambar ilustrasi adalah gambar yang menjelaskan
suatu teks, bacaan, cerita atau keadaan .
3.
Beberapa ciri khas lagu daerah,
antara lain sebagai berikut:
- Teks lagu daerah menggunakan bahasa dan dialek
setempat. Misalkan lagu daerah Jawa Timur menggunakan bahasa Jawa dengan
dialek Suroboyo-an.
- Lagu daerah diwariskan secara turun-temurun dengan
tradisi lisan. Walaupun ada lagu daerah yang tertulis, hal itu berfungsi
hanya untuk kepentingan dokumentasi saja.
- Lagu daerah pada umumnya tidak diketahui penulis atau
penciptanya (anonim). Karena sifat lagu daerah adalah tidak menonjolkan
ekspresi pribadi atau perorangan, tetapi pesan yang disampaikan adalah
bersifat umum.
- Lagu daerah pada umumnya memiliki susunan melodi dan
syair yang sederhana. Beberapa lagu daerah hanya memiliki 2, 4 atau 8 bait
saja. Ada juga lagu daerah yang menggunakan syair berbeda pada setiap
perulangannya. Lagu daerah yang sederhana biasanya bisa dinyanyikan dengan
baik oleh masyarakat dari etnis lagu daerah tersebut berasal.
- Terkadang terdapat beberapa versi dari sebuah lagu di
daerah berbeda dalam suatu etnis. Hal ini terjadi karena cara penyebaran
lagu daerah dilakukan dari mulut ke mulut. Dalam membawakan lagu daerah, masyarakat
biasanya menyanyikan dengan diiringi oleh musik daerah setempat. Misalkan
lagu daerah Praon dari Jawa Tengah dinyanyikan dengan diiringi musik
gamelan.
4.
Lagu wajib adalah lagu yang harus (wajib) dapat
dinyanyikan oleh seluruh rakyat Indonesia. Lagu ini dicitakan untuk mengenang
jasa para pahlawan dan rakyat indonesiasaat berjuang membela kemerdekaan
melawan penjajah.
5.
Lagu nasional adalah lagu yang sudah dikenal
oleh masyarakat secara nasional (seluruh Indonesia)
Langganan:
Postingan (Atom)