" Segala Usaha dan Pengorbanan akan dilakukan untuk mencapai sesuatu hal yang di inginkan "

Rabu, 17 Februari 2016

soal sbk kelas 4

LOGO SIDRAP.bmpPEMERINTAH KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG
DINAS PENDIDIKAN
UPT DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN WATANG PULU
Alamat : Jln. Jenderal Sudirman No.15 Lawawoi, Kode Pos 91661
 



SOAL ULANGAN SEMESTER GANJIL
TAHUN AJARAN 2015/2016

MATA PELAJARAN                           : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK)
KELAS                                                : IV (EMPAT)
TANGGAL PELAKSANAAN             :    
ALOKASI WAKTU                             : 90  MENIT

PETUNJUK:
1.      Tulislah nama dan nomor indukmu pada lembar jawaban yang telah disediakan !
2.      Bacalah dengan saksama sebelum mengerjakan soal !
3.      Kerjakan lebih dahulu soal yang menurutmu mudah !
4.      Periksa kembali pekerjaanmu sebelum menyerahkan kepada pengawas !

A.     PILIHAN GANDA
Pilihlah salah satu jawaban yang palin tepat !
1.      Seni rupa yang diterapkan untuk benda-benda yang kita pakai sehari-hari disebut ….
A.    Seni rupa murni                    C. Seni  terapan
B.    Seni tari                                D. Seni lukis
2.      Karya seni rupa menurut fungsi kegunaannya dibedakan menjadi dua kelompok besar yaitu…
A. Seni rupa murni dan seni  terapan                   C. Seni rupa murni dan seni rupa tidak murni
B. Seni rupa murni dan seni rupa musik              D. Seni tari dan seni  terapan
3.      tambal.jpgMotif Kain di samping adalah kain khas ….
A. kain Flores
B. Kain Irian
C. Kain Jawa                   
D. Kain Kalimantan
4.      Badik adalah senjata Khas dari daerah …
A. Aceh                                        C. Irian Jaya
B. Bali                                          D. Sulawesi Selatan
5.      Gambar yang menjelaskan suatu teks, bacaan, cerita atau keadaan disebut.…
A. Gambar Sketsa                        C. Gambar Komik
B.             Gambar ilustrasi                      D. Gambar bebas
6.      Sebuah rangkaian beberapa gambar yang Membentuk sebuah cerita disebut .…
A.             Ceria rakyat                             C. Cerita harian
B.             Cerita dongeng                       D. Cerita bergambar / komik
7.      Dibawah ini yang merupakan hasil kerajinan nusantara antara lain …
A. Sepatu                                     C. kain tenun
B. Jaket Kulit                               D. Dompet dan Tas
8.      Jarum yang tidak berlubang digunakan untuk menyemat pola agar kain tidak lepas pada saat di jahit yaitu .…
A. jarum jahit tangan                   C. jarum Pentul
B.             jarum sulam                             D. jarum renda
9.      tusuk rantai.jpgPola menjahit yang sesuai dengan gambar disamping adalah  .…
A.             tusuk jelujur
B. tusuk tikam jejak
C.             tusuk rantai                
D. tusuk silang

10.  Dibawah ini adalah bahan yang cocok digunakan untuk membutsir, kecuali .…
A. Sabun                                      C. tanah liat
B. Plastisin                                   D. besi baja
11.  Alat bantu membutsir bahan yang dapat mengeras disebut .…
A. Sumpit                                     C. lidi
B.             Sundip                                     D. Pisau
12.  Gambang kromong adalah alat musik daerah  .…
A.             manado                                   C. betawi
B.             pontianak                                D. bali
13.  Lagu Anging Mamiri adalah lagu daerah  .…
A. Sulawesi Utara                        C. Sulawesi Tenggara
B.             Sulawesi selatan                      D. Sulawesi barat
14.  Yang bukan merupakan contoh gerak bermakna adalah  .…
A. gerakan memanah                   C. gerakan menanam padi
B.             gerakan kaki melompat           D. gerakan kupu kupu terbang
15.  Gerakan yang mempunyai arti dan maksud waktu dilakukan dan orang yang melihatnya tahu kegiatan apa yang dimaksud disebut   .…
A. Gerak murni                            C. gerak menari
B.             Gerak maknawi                       D. gerakan dansa

B. ISIAN
     Lengkapilah titik – titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !
1.      Menurut fungsinganya seni rupa terbagi atas …………….. dan ……………………..
2.      Gambar penjelas suatu cerita disebut ………
3.      Cerita bergambar disebut juga …..
4.      Lagu Gundul-gundul Pacul berasal dari daerah ……………
5.      Sasando adalah alat musik dari daerah ………………
6.      Lagu Kebangsaan Indonesia Raya di ciptakan oleh ……
7.      Ada gerakan lambat ada gerak cepat hal ini membuktikan bahwa setiap gerak memerlukan …..
8.       Dalam Not balok, untuk menaikan nada  laras dipakai tanda …………
9.      Tari Mandau adalah tarian yang berasal dari daerah …….
10.  Lagu nasional anak-anak  “Menanam Jagung” diciptakan oleh …………

C.    ESSAY
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1.      Apa yang dimaksud seni  terapan ?
2.      Tuliskan 4  benda disekitar kita yang termasuk seni  terapan ?
3.      Apa yang dimaksud gambar  ilustrasi ?
4.      Tuliskan maksud dan tujuan dari gerak bermakna ?

5.      Tuliskan langkah-langkah cara memainkan rekorder / suling ?

LOGO SIDRAP.bmp
KUNCI SOAL ULANGAN SEMESTER GANJIL
TAHUN AJARAN 2015/2016

MATA PELAJARAN                           : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK)
KELAS                                                : IV (EMPAT)

A.     PILIHAN GANDA
1.      B
2.      A
3.      C
4.      D
5.      B
6.      D
7.      C
8.      C
9.      C
10.  D
11.  B
12.  C
13.  B
14.  B
15.  B

B.     ISIAN
1.      Seni rupa murni dan terapan
2.      Gambar ilustrasi
3.      Komik
4.      Jawa
5.      Nusa Tenggara Timur (NTT)
6.      W.R Soepratman
7.      Tempo
8.      #  ( kres )
9.      Kalimantan
10.  Ibu Sud

C.     ESSAY
1.      Seni  terapan adalah seni rupa yang digunakan pada benda benda yang sering kita pakai sehari-hari.
2.      4 benda yang termasuk seni terapan
-          Rumah dan bangunan
-          Kain
-          Senjata tradisional
-          Alat musik tradisional
3.      Gambar. ilustrasi adalah gambar yang menjelaskan suatu teks, bacaan, cerita, atau keadaan.
4.      maksud dan tujuan dari gerak bermakna yaitu agar orang yang melihatnya akan tahu kegiatan apa yang dimaksud atau ditiru melalui gerakan itu
5.      langkah- langkah cara memainkan rekorder / suling
-          periksa dahulu rekorder sebelum dipakai, pastikan sambungan tidak miring atau kendur.
-          Badan dalam posisi tegak, dapat sambil duduk atau berdiri. Perhatikan baik baik posisi rekorder terhadap tubuh, usahakan membentuk sudut 45 derajat.
-          Tiuplah rekorder secara perlahan, dengan bentuk mulut seakan mengucapkan “tu”.
-          Aturlah pernapasan dengan baik agar bunyi rekorder tidak tersendat-sendat.
-          Tutuplah lubang rekorder dengan rapat untuk mendapatkan bunyi yang baik.

-          Jika sudah mendapatkan bunyi yang baik cobalah memainkan tangga nada.

KISI-KISI SOAL ULANGAN SEMESTER I (PERTAMA) TAHUN PELAJARAN 2012/2013 MATA PELAJARAN SAINS (IPA) SD NEGERI 2 LAINUNGAN KELAS V

KISI-KISI SOAL ULANGAN
SEMESTER I (PERTAMA) TAHUN PELAJARAN 2012/2013
MATA PELAJARAN SAINS (IPA)
SD NEGERI 2 LAINUNGAN KELAS V

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
Bentuk Soal
No Soal
Soal
Kunci
1
2
3
4
5
6
7
8
1


2



3




4


5




6




7
Mengidentifikasi fungsi organ pernafasan manusia

Mengidentifikasi fungsi organ pernafasan hewan,misalnya ikan dan cacing tanah

Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan

Mengidentifikasi organ peredaran  darah manusia

Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah manusia


Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan


Mendeskripsikan ketergantungan manusian dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan
Alat pernafasan manusia


Alat pernafasan hewan



Alat pencernaan manusia ,makanan dan kesehatan



Alat peredaran darah pada manusia

Gangguan pada alat peredaran darah  manusia



Tumbuhan hijau




Tumbuhan hijau
Mengidentifikasi alat-alat pernapasan manusia

Mengidentifikasi alat-alat pernapasan hewan


Mengidentifikasi alat pencernaan makanan pada manusia



Mengidentifikasi alat peredaran darah manusia melalui gambar

Menuliskan kembali nama ,ciri,dan penyebab penyakit yang menyerang organ pada sistem peredaran manusia

Menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan  bantuan cahaya matahari

Menyebutkan tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan
Pilihan ganda
Isian

Pilihan ganda
Isian


Pilihan ganda
Isian
Uraian


Pilihan ganda
Isian

Pilihan ganda
Uraian



Pilihan ganda
Isian
Uraian


Pilihan ganda
Isian
1
21

2,3
22


4,5
23
31


6,7
24

8
32



9,10
25
33


11,12
26
Terlampir
Terlampir

Terlampir
Terlampir


Terlampir
Terlampir
Terlampir


Terlampir
Terlampir

Terlampir
Terlampir



Terlampir
Terlampir
Terlampir


Terlampir
Terlampir
Terlampir
Terlampir

Terlampir
Terlampir


Terlampir
Terlampir
Terlampir


Terlampir
Terlampir

Terlampir
Terlampir



Terlampir
Terlampir
Terlampir


Terlampir
Terlampir
No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
Bentuk Soal
No Soal
Soal
Kunci
1
2
3
4
5
6
7
8
8





9





10




11
Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup


Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup


Mendeskripsikan hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya,misalnya benang,kain,dan kertas

Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda ,baik sementara maupun tetap
Penyesuaian hewan dengan lingkunganya




Penyesuaian tumbuhan dengan lingkungannya




Jenis bahan dan sifatnya




Perubahan sifat benda
Memberikan contoh cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk memperoleh makanan dan melindungi diri dari musuhnya

Mendeskripsikan ciri khusus pada beberapa tumbuhan untuk melindungi dirinya ,misalnya :memiliki racun,duri atau daun yang tajam

Mengidentifikasi beberapa jenis sifat bahan berdasarkan stuktur penyusunnya,misalnya: bahan tali temali

Mendeskripsikan sifat benda sesudah mengalami perubahan sebagai hasil suatu proses

Mengidentifikasi benda yang dapat dan yang tidak dapat kembali ke wujud semula setelah mengalami suatu proses
Pilihan ganda
Isian




Pilihan ganda
Isian
Uraian



Pilihan ganda
Isian



Pilihan ganda
Uraian


Pilihan ganda
Isian
13,14
27




15,16
28
34



17,18
29



19
35


20
30
Terlampir
Terlampir




Terlampir
Terlampir
Terlampir



Terlampir
Terlampir



Terlampir
Terlampir


Terlampir
Terlampir
Terlampir
Terlampir




Terlampir
Terlampir
Terlampir



Terlampir
Terlampir



Terlampir
Terlampir


Terlampir
Terlampir
                                                                                                                                                                                                                                 
                               

KISI-KISI SOAL ULANGAN
SEMESTER I (PERTAMA) TAHUN PELAJARAN 2012/2013
MATA PELAJARAN SAINS (IPA)
SD NEGERI 2 LAINUNGAN KELAS V

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
Bentuk Soal
No Soal
Soal
Kunci
1
2
3
4
5
6
7
8
1


2



3




4


5




6




7
Mengidentifikasi fungsi organ pernafasan manusia

Mengidentifikasi fungsi organ pernafasan hewan,misalnya ikan dan cacing tanah

Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan

Mengidentifikasi organ peredaran  darah manusia

Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah manusia


Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan


Mendeskripsikan ketergantungan manusian dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan
Alat pernafasan manusia


Alat pernafasan hewan



Alat pencernaan manusia ,makanan dan kesehatan



Alat peredaran darah pada manusia

Gangguan pada alat peredaran darah  manusia



Tumbuhan hijau




Tumbuhan hijau
Mengidentifikasi alat-alat pernapasan manusia

Mengidentifikasi alat-alat pernapasan hewan


Mengidentifikasi alat pencernaan makanan pada manusia



Mengidentifikasi alat peredaran darah manusia melalui gambar

Menuliskan kembali nama ,ciri,dan penyebab penyakit yang menyerang organ pada sistem peredaran manusia

Menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan  bantuan cahaya matahari

Menyebutkan tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan
Pilihan ganda
Isian

Pilihan ganda
Isian


Pilihan ganda
Isian
Uraian


Pilihan ganda
Isian

Pilihan ganda
Uraian



Pilihan ganda
Isian
Uraian


Pilihan ganda
Isian
1
21

2,3
22


4,5
23
31


6,7
24

8
32



9,10
25
33


11,12
26
Terlampir
Terlampir

Terlampir
Terlampir


Terlampir
Terlampir
Terlampir


Terlampir
Terlampir

Terlampir
Terlampir



Terlampir
Terlampir
Terlampir


Terlampir
Terlampir
Terlampir
Terlampir

Terlampir
Terlampir


Terlampir
Terlampir
Terlampir


Terlampir
Terlampir

Terlampir
Terlampir



Terlampir
Terlampir
Terlampir


Terlampir
Terlampir
No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
Bentuk Soal
No Soal
Soal
Kunci
1
2
3
4
5
6
7
8
8





9





10




11
Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup


Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup


Mendeskripsikan hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya,misalnya benang,kain,dan kertas

Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda ,baik sementara maupun tetap
Penyesuaian hewan dengan lingkunganya




Penyesuaian tumbuhan dengan lingkungannya




Jenis bahan dan sifatnya




Perubahan sifat benda
Memberikan contoh cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk memperoleh makanan dan melindungi diri dari musuhnya

Mendeskripsikan ciri khusus pada beberapa tumbuhan untuk melindungi dirinya ,misalnya :memiliki racun,duri atau daun yang tajam

Mengidentifikasi beberapa jenis sifat bahan berdasarkan stuktur penyusunnya,misalnya: bahan tali temali

Mendeskripsikan sifat benda sesudah mengalami perubahan sebagai hasil suatu proses

Mengidentifikasi benda yang dapat dan yang tidak dapat kembali ke wujud semula setelah mengalami suatu proses
Pilihan ganda
Isian




Pilihan ganda
Isian
Uraian



Pilihan ganda
Isian



Pilihan ganda
Uraian


Pilihan ganda
Isian
13,14
27




15,16
28
34



17,18
29



19
35


20
30
Terlampir
Terlampir




Terlampir
Terlampir
Terlampir



Terlampir
Terlampir



Terlampir
Terlampir


Terlampir
Terlampir
Terlampir
Terlampir




Terlampir
Terlampir
Terlampir



Terlampir
Terlampir



Terlampir
Terlampir


Terlampir
Terlampir