Semuanya aktif dengan tugas masing masing dan saling membantu satu sama lain..
Kamis, 14 April 2016
Rabu, 17 Februari 2016
KISI-KISI SOAL ULANGAN SEMESTER I (PERTAMA) TAHUN PELAJARAN 2015/2016 MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) SD NEGERI 2 LAINUNGAN KELAS IV
KISI-KISI SOAL ULANGAN
SEMESTER I (PERTAMA) TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK)
SD NEGERI 2 LAINUNGAN KELAS IV
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
Bentuk Soal
|
No Soal
|
Soal
|
Kunci
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
|
1.1.
Menjelaskan makna seni
rupa terapan.
|
Seni rupa terapan, cirri-ciri berbagai jenis objek.
|
·
Menyimak penjelasan
tentang makna seni rupa terapan.
·
Menyebutkan
contoh-contoh karya seni rupa terapan yang dapat ditemukan pada kehidupan
sehari-hari.
|
Pilihan ganda
Isian
Essay
|
Pilihan ganda = 1,2
Isian No.= 1
Essay No. = 1,2
|
Terlampir
|
Terlampir
|
|
1.2.
mengidentifikasi jenis
karya seni rupa terapan yang ada di daerah setempat.
|
Jenis-jenis objek, tema, dan symbol dalam karya seni rupa.
|
·
menjelaskan beberapa
jenis seni rupa terapan yang pernah diamati.
·
Menjelaskan seni rupa
terapan dengan bentuk 2 dimensi.
·
mendokumentasikan
contoh-contoh seni rupa 2 dimensi dan
3 dimensi
|
Pilihan ganda
|
Pilihan ganda = 4,10,11
|
Terlampir
|
Terlampir
|
|
1.3.
menunjukkan sikap
apresiatif terhadap keartistikan karya seni rupa terapan.
|
Sikap apresiatif terhadap keindahan karya seni rupa terapan.
|
·
Membuat gambar dengan
motif batik dengan memperhatikan sisi artistiknya.
|
Pilihan ganda
|
Pilihan ganda No. = 3
|
Terlampir
|
Terlampir
|
2
|
2.1.
Mengekspresikan diri
melalui gambar ilustrasi dengan tema benda alam: buah-buahan, tangkai,
kerang, dsb.
|
Gambar ilustrasi
|
·
Menjelaskan bentuk
dasar dalam menggambar.
·
Menjelaskan
factor-faktor dalam menggambar
ilustrasi.alam
|
Pilihan ganda
Isian
Essay
|
Pilihan ganda No. = 5,6
Isian No.= 2,3
Essay No. = 3,
|
Terlampir
|
Terlampir
|
3
|
3.1 Mengidentifi-kasi berbagai ragam lagu dan
alat musik ritmis
|
Lagu dan alat musik ritmis.
|
·
Mengelompokkan alat musik ritmis
dan melodis.
·
Menunujukkan cara memainkan alat musik ritmis
·
Mengenal lagu daerah yang dikenal dari tempat asalnya.
·
Mengenal lagu daerah yang terkenal dari Nusantara.
·
Mengenal lagu wajib dan penciptanya
|
Pilihan ganda
Isian
Essay
|
Pilihan ganda No. =12
Isian No.=4,5,6
Essay No. =5
|
Terlampir
|
Terlampir
|
|
3.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap
berbagai ragam lagu dan alat musik ritmis
|
Irama, tempo serta dinamik lagu
|
·
menyebutkan beberapa judul lagu
daerah yang terkenal di Nusantara
|
Pilihan ganda
|
Pilihan ganda No. =13
|
Terlampir
|
Terlampir
|
4
|
4.1 Menyiapkan permainan alat musik
ritmis
|
Bernyanyi diiringi alat musik
ritmis
|
·
Membaca not
angka yang terpampang di papan tulis sebuah lagu anak-anak
|
Isian
|
Isian No.= 8, 10
|
Terlampir
|
Terlampir
|
5
|
5.1. Mengidentifik-asi gerak, busana, dan
perlengkapan tari Nusantara daerah setempat
|
Tari Nusantara
|
·
menjelaskan cirri-ciri dalam gerak tari Nusantara.
·
menjelaskan keragaman busana tari Nusantara.
·
menjelaskan perbedaan gerakan yang khas dalam tari daerah di Nusantara
|
Pilihan ganda
Essay
|
Pilihan ganda No. =14,15
Essay No. = 4
|
Terlampir
|
Terlampir
|
|
5.2. Menunjukkan sikap apresiatif terhadap
keunikan gerak, busana, dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah setempat
|
Tari Nusantara
|
·
menyebutkan nama tarian dan nama daerah asalnya.
|
Isian
|
Isian No.= 9
|
Terlampir
|
Terlampir
|
6
|
6.1.
Menyiapkan peragaan tari Nusantara daerah setempat
|
Memperegakan tarian Nusantara
|
·
Melakukan latihan dengan intensif agar memberikan penampilan yang prima.
|
Isian
|
Isian No.= 7
|
Terlampir
|
Terlampir
|
7
|
7.1 Mengidentifikasi
jenis karya kerajinan Nusantara
|
Karya kerajinan Nusantara
|
· Menjelaskan berbagai jenis kerajinan Nusantara
· Menyebutkan kerajinan dari kain
|
Pilihan ganda
|
Pilihan ganda No. = 7
|
Terlampir
|
Terlampir
|
8
|
8.1 Merancang karya kerajinan dengan memanfaatkan teknik atau motif hias
Nusantara
|
karya kerajinan dengan
memanfaatkan teknik atau motif hias Nusantara
|
·
Merancang karya kerajinan dengan teknik aplikasi
|
Pilihan ganda
|
Pilihan ganda No. = 8, 9
|
Terlampir
|
Terlampir
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Langganan:
Postingan (Atom)