" Segala Usaha dan Pengorbanan akan dilakukan untuk mencapai sesuatu hal yang di inginkan "

Rabu, 17 Februari 2016

KISI-KISI SOAL ULANGAN
SEMESTER I (PERTAMA) TAHUN PELAJARAN 2015/2016
MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN  (SBK)
SD NEGERI 2 LAINUNGAN KELAS IV

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
Bentuk Soal
No Soal
Soal
Kunci
1
2
3
4
5
6
7
8

1.1.   Menjelaskan makna seni rupa terapan.

Seni rupa terapan, cirri-ciri berbagai jenis objek.
·         Menyimak penjelasan tentang makna  seni rupa terapan.
·         Menyebutkan contoh-contoh karya seni rupa terapan yang dapat ditemukan pada kehidupan sehari-hari.

Pilihan ganda
Isian
Essay




Pilihan ganda = 1,2
Isian No.= 1
Essay No. = 1,2



Terlampir





Terlampir





1.2.   mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan yang ada di daerah setempat.





Jenis-jenis objek, tema, dan symbol dalam karya seni rupa.
·         menjelaskan beberapa jenis seni rupa terapan yang pernah diamati.
·         Menjelaskan seni rupa terapan dengan bentuk 2 dimensi.
·         mendokumentasikan contoh-contoh seni rupa  2 dimensi dan 3 dimensi
Pilihan ganda


Pilihan ganda =  4,10,11

Terlampir





Terlampir





1.3.   menunjukkan sikap apresiatif terhadap keartistikan karya seni rupa terapan.

Sikap apresiatif terhadap keindahan karya seni rupa terapan.
·         Membuat gambar dengan motif batik dengan memperhatikan sisi artistiknya.

Pilihan ganda

Pilihan ganda No.  = 3
Terlampir


Terlampir

2
2.1.     Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema benda alam: buah-buahan, tangkai, kerang, dsb.

Gambar ilustrasi
·     Menjelaskan bentuk dasar dalam menggambar.
·     Menjelaskan factor-faktor  dalam menggambar ilustrasi.alam

Pilihan ganda
Isian
Essay

Pilihan ganda No.  = 5,6
Isian No.= 2,3
Essay No. = 3,
Terlampir


Terlampir

3
3.1   Mengidentifi-kasi berbagai ragam lagu dan alat musik ritmis
Lagu dan alat musik ritmis.

·     Mengelompokkan  alat musik ritmis dan melodis.
·     Menunujukkan cara memainkan alat musik ritmis
·     Mengenal lagu daerah yang dikenal dari tempat asalnya.
·     Mengenal lagu daerah yang terkenal dari Nusantara.
·     Mengenal lagu wajib dan penciptanya
Pilihan ganda
Isian
Essay

Pilihan ganda No.  =12
Isian No.=4,5,6
Essay No. =5
Terlampir


Terlampir


3.2   Menunjukkan sikap apresiatif terhadap berbagai ragam lagu dan alat musik ritmis

Irama, tempo serta dinamik lagu
·     menyebutkan beberapa  judul lagu daerah yang terkenal di Nusantara
Pilihan ganda

Pilihan ganda No.  =13
Terlampir


Terlampir

4
4.1 Menyiapkan permainan alat musik ritmis
Bernyanyi diiringi alat musik ritmis
·     Membaca not angka yang terpampang di papan tulis sebuah lagu anak-anak
Isian
Isian No.= 8, 10
Terlampir


Terlampir

5
5.1.  Mengidentifik-asi gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara daerah setempat

Tari Nusantara
·     menjelaskan cirri-ciri dalam gerak tari Nusantara.
·     menjelaskan keragaman busana tari Nusantara.
·     menjelaskan perbedaan gerakan yang khas dalam tari daerah di Nusantara

Pilihan ganda
Essay

Pilihan ganda No.  =14,15
Essay No. = 4

Terlampir


Terlampir


5.2.  Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan gerak, busana, dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah setempat

Tari Nusantara
·     menyebutkan nama tarian dan nama  daerah asalnya.

Isian
Isian No.= 9
Terlampir


Terlampir

6
6.1. Menyiapkan peragaan tari Nusantara daerah setempat

Memperegakan tarian Nusantara

·     Melakukan latihan dengan intensif agar memberikan penampilan yang prima.

Isian
Isian No.= 7
Terlampir


Terlampir

7
7.1 Mengidentifikasi jenis karya kerajinan Nusantara

Karya kerajinan Nusantara
·     Menjelaskan berbagai  jenis kerajinan Nusantara
·     Menyebutkan kerajinan dari kain

Pilihan ganda

Pilihan ganda No. = 7
Terlampir


Terlampir

8
8.1 Merancang karya kerajinan dengan memanfaatkan teknik atau motif hias Nusantara

karya kerajinan dengan memanfaatkan teknik atau motif hias Nusantara
·      Merancang karya kerajinan dengan teknik aplikasi
Pilihan ganda

Pilihan ganda No.  = 8, 9
Terlampir


Terlampir










                                                                                                                                                                          

soal sbk kelas 4

LOGO SIDRAP.bmpPEMERINTAH KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG
DINAS PENDIDIKAN
UPT DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN WATANG PULU
Alamat : Jln. Jenderal Sudirman No.15 Lawawoi, Kode Pos 91661
 



SOAL ULANGAN SEMESTER GANJIL
TAHUN AJARAN 2015/2016

MATA PELAJARAN                           : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK)
KELAS                                                : IV (EMPAT)
TANGGAL PELAKSANAAN             :    
ALOKASI WAKTU                             : 90  MENIT

PETUNJUK:
1.      Tulislah nama dan nomor indukmu pada lembar jawaban yang telah disediakan !
2.      Bacalah dengan saksama sebelum mengerjakan soal !
3.      Kerjakan lebih dahulu soal yang menurutmu mudah !
4.      Periksa kembali pekerjaanmu sebelum menyerahkan kepada pengawas !

A.     PILIHAN GANDA
Pilihlah salah satu jawaban yang palin tepat !
1.      Seni rupa yang diterapkan untuk benda-benda yang kita pakai sehari-hari disebut ….
A.    Seni rupa murni                    C. Seni  terapan
B.    Seni tari                                D. Seni lukis
2.      Karya seni rupa menurut fungsi kegunaannya dibedakan menjadi dua kelompok besar yaitu…
A. Seni rupa murni dan seni  terapan                   C. Seni rupa murni dan seni rupa tidak murni
B. Seni rupa murni dan seni rupa musik              D. Seni tari dan seni  terapan
3.      tambal.jpgMotif Kain di samping adalah kain khas ….
A. kain Flores
B. Kain Irian
C. Kain Jawa                   
D. Kain Kalimantan
4.      Badik adalah senjata Khas dari daerah …
A. Aceh                                        C. Irian Jaya
B. Bali                                          D. Sulawesi Selatan
5.      Gambar yang menjelaskan suatu teks, bacaan, cerita atau keadaan disebut.…
A. Gambar Sketsa                        C. Gambar Komik
B.             Gambar ilustrasi                      D. Gambar bebas
6.      Sebuah rangkaian beberapa gambar yang Membentuk sebuah cerita disebut .…
A.             Ceria rakyat                             C. Cerita harian
B.             Cerita dongeng                       D. Cerita bergambar / komik
7.      Dibawah ini yang merupakan hasil kerajinan nusantara antara lain …
A. Sepatu                                     C. kain tenun
B. Jaket Kulit                               D. Dompet dan Tas
8.      Jarum yang tidak berlubang digunakan untuk menyemat pola agar kain tidak lepas pada saat di jahit yaitu .…
A. jarum jahit tangan                   C. jarum Pentul
B.             jarum sulam                             D. jarum renda
9.      tusuk rantai.jpgPola menjahit yang sesuai dengan gambar disamping adalah  .…
A.             tusuk jelujur
B. tusuk tikam jejak
C.             tusuk rantai                
D. tusuk silang

10.  Dibawah ini adalah bahan yang cocok digunakan untuk membutsir, kecuali .…
A. Sabun                                      C. tanah liat
B. Plastisin                                   D. besi baja
11.  Alat bantu membutsir bahan yang dapat mengeras disebut .…
A. Sumpit                                     C. lidi
B.             Sundip                                     D. Pisau
12.  Gambang kromong adalah alat musik daerah  .…
A.             manado                                   C. betawi
B.             pontianak                                D. bali
13.  Lagu Anging Mamiri adalah lagu daerah  .…
A. Sulawesi Utara                        C. Sulawesi Tenggara
B.             Sulawesi selatan                      D. Sulawesi barat
14.  Yang bukan merupakan contoh gerak bermakna adalah  .…
A. gerakan memanah                   C. gerakan menanam padi
B.             gerakan kaki melompat           D. gerakan kupu kupu terbang
15.  Gerakan yang mempunyai arti dan maksud waktu dilakukan dan orang yang melihatnya tahu kegiatan apa yang dimaksud disebut   .…
A. Gerak murni                            C. gerak menari
B.             Gerak maknawi                       D. gerakan dansa

B. ISIAN
     Lengkapilah titik – titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !
1.      Menurut fungsinganya seni rupa terbagi atas …………….. dan ……………………..
2.      Gambar penjelas suatu cerita disebut ………
3.      Cerita bergambar disebut juga …..
4.      Lagu Gundul-gundul Pacul berasal dari daerah ……………
5.      Sasando adalah alat musik dari daerah ………………
6.      Lagu Kebangsaan Indonesia Raya di ciptakan oleh ……
7.      Ada gerakan lambat ada gerak cepat hal ini membuktikan bahwa setiap gerak memerlukan …..
8.       Dalam Not balok, untuk menaikan nada  laras dipakai tanda …………
9.      Tari Mandau adalah tarian yang berasal dari daerah …….
10.  Lagu nasional anak-anak  “Menanam Jagung” diciptakan oleh …………

C.    ESSAY
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1.      Apa yang dimaksud seni  terapan ?
2.      Tuliskan 4  benda disekitar kita yang termasuk seni  terapan ?
3.      Apa yang dimaksud gambar  ilustrasi ?
4.      Tuliskan maksud dan tujuan dari gerak bermakna ?

5.      Tuliskan langkah-langkah cara memainkan rekorder / suling ?

LOGO SIDRAP.bmp
KUNCI SOAL ULANGAN SEMESTER GANJIL
TAHUN AJARAN 2015/2016

MATA PELAJARAN                           : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK)
KELAS                                                : IV (EMPAT)

A.     PILIHAN GANDA
1.      B
2.      A
3.      C
4.      D
5.      B
6.      D
7.      C
8.      C
9.      C
10.  D
11.  B
12.  C
13.  B
14.  B
15.  B

B.     ISIAN
1.      Seni rupa murni dan terapan
2.      Gambar ilustrasi
3.      Komik
4.      Jawa
5.      Nusa Tenggara Timur (NTT)
6.      W.R Soepratman
7.      Tempo
8.      #  ( kres )
9.      Kalimantan
10.  Ibu Sud

C.     ESSAY
1.      Seni  terapan adalah seni rupa yang digunakan pada benda benda yang sering kita pakai sehari-hari.
2.      4 benda yang termasuk seni terapan
-          Rumah dan bangunan
-          Kain
-          Senjata tradisional
-          Alat musik tradisional
3.      Gambar. ilustrasi adalah gambar yang menjelaskan suatu teks, bacaan, cerita, atau keadaan.
4.      maksud dan tujuan dari gerak bermakna yaitu agar orang yang melihatnya akan tahu kegiatan apa yang dimaksud atau ditiru melalui gerakan itu
5.      langkah- langkah cara memainkan rekorder / suling
-          periksa dahulu rekorder sebelum dipakai, pastikan sambungan tidak miring atau kendur.
-          Badan dalam posisi tegak, dapat sambil duduk atau berdiri. Perhatikan baik baik posisi rekorder terhadap tubuh, usahakan membentuk sudut 45 derajat.
-          Tiuplah rekorder secara perlahan, dengan bentuk mulut seakan mengucapkan “tu”.
-          Aturlah pernapasan dengan baik agar bunyi rekorder tidak tersendat-sendat.
-          Tutuplah lubang rekorder dengan rapat untuk mendapatkan bunyi yang baik.

-          Jika sudah mendapatkan bunyi yang baik cobalah memainkan tangga nada.