" Segala Usaha dan Pengorbanan akan dilakukan untuk mencapai sesuatu hal yang di inginkan "

Rabu, 09 November 2016

Permainan berkelompok Kucing dan Tikus

Permainan ini adalah permainan berkelompok yang sangat menarik untuk permainan anak dan membangun rasa percaya diri dan kebersamaan anak.
Adapun cara mainnya menurut bang wikipedia sebagai berikut :
Kumpulkan teman sebanyak-banyaknya.

Tentukan dulu, yang jadi kucing yang kalah atau yang menang, kemudian semua gambreng.

Kalau yang jadi kucing yg menang, semua gambreng, tangan dikumpulkan bertumpuk, kemudian nyanyi 'om pimpa alaium gambreng' sambil ngangkat tangan ke udara, kemudian perlihatkan telapak tangan atau punggung tangan kita, terserah mau yg mana.

Kalau salah satu ada yg beda, misal yg lain punggung tangan, satu orang telapak tangan, berarti dia yg menang, langsung jadi kucing, harus mengejar temannya yg jadi tikus supaya ganti jadi kucing.

Kalau yg jadi kucing yg kalah, semua gambreng, yg menang keluar dr kelompok, begitu terus sampai tinggal 2 orang, 2 orang ini hrs suit 3 x, yg 3x kalah yg jadi kucing.

Kalau tikus mau selamat dari kucing, waktu kucing sdh dekat, langsung jongkok.

Tapi baru bisa 'hidup' lagi kalau ada teman yg masih jadi tikus membangunkan.

Yg jadi kucing, kejar teman2nya, kalau salah satu ada yg terkejar, pegang dia, nanti dia akan langsung jadi kucing.

Bisa dimainkan seharian, tergantung seru atau gk, semakin banyak orang semakin seru.

Senin, 07 November 2016

Belajar megukur panjang sisi dan besaran sudut segitiga

Segitiga atau segi tiga adalah nama suatu bentuk yang dibuat dari tiga sisi yang berupa garis lurus dan tiga sudut. Matematikawan Euclid yang hidup sekitar tahun 300 SM menemukan bahwa jumlah ketiga sudut di suatu segi tiga pada bidang datar adalah 180 derajat. Hal ini memungkinkan kita menghitung besarnya salah satu sudut bila dua sudut lainnya sudah diketahui.(wikipedia)

Rabu, 02 November 2016

Kegiatan Olahraga untuk kesehatan anak

Kegiatan olahraga di kalangan anak berfungsi untuk menyehatkan sekaligus sebagai kegiatan interaksi sosial.
Olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga secara rohani (misalkan catur).

Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan berolahraga metabolisme tubuh menjadi lancar sehingga distribusi dan penyerapan nutrisi dalam tubuh menjadi lebih efektif dan efisien.(wikipedia)

Olahraga Penting Diajarkan pada anak sejak dini. Riset membuktikan ketika seseorang sudah terbiasa berolahraga sejak masih anak-anak, di usia dewasa dia pun terbiasa melakukan hal serupa.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), seorang anak membutuhkan sekitar 60 menit berolahraga fisik setiap harinya. Total 60 menit ini tidak harus didapatkan dalam satu waktu yang sama, tetapi dapat dijumlahkan dalam sehari menjadi 60 menit.

Anak yang terbiasa berolahraga, seperti dikatakan dr. Mary L. Gavin, bisa menurunkan risiko mereka mengalami obesitas. Si kecil juga berisiko rendah memiliki masalah kesehatan pada jantungnya.

OLAHRAGA ANAK USIA 5-10 TAHUN
Pada usia ini, anak sudah lebih lincah dan dapat beraktivitas dalam bentuk permainan yang lebih bervariasi. Pada usia 5-6 tahun, anak mulai dapat bermain yang memerlukan sedikit instruksi, fokus pada kesenangan, bukan fokus pada kompetisi. Bentuk kegiatan berupa aktivitas fisik yang berulang-ulang, hindari gerakan yang terlalu kompleks dan dapat melatih keterampilan berpikir. Kegiatan yang dilakukan antara lain berlari, berenang, melempar, dan menangkap bola. Pada usia 7-11 tahun, aktivitas fisik juga lebih kepada kesenangan bukan kompetisi, bermain dengan peraturan dan instruksi yang fleksibel. Misalnya bermain sepak bola yang memerlukan aktivitas yang lebih kompleks dan keterampilan kognitif, serta perlu bekerja sama dalam tim.(http://sayangianak.com/olahraga-penting-diajarkan-pada-anak-sejak-dini-kenali-aktivitas-olahraga-berdasarkan-rentang-usia-dan-10-manfaat-anak-berolahraga/)

Senin, 31 Oktober 2016

Budaya Baca

Budaya seperti disebutkan wikipedia.org diartikan sebagai sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan, dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan literasi dalam Kamus besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai sesuatu yang berhubungan dengan tulis-menulis. Dalam konteks kekinian, literasi atau literer memiliki definisi dan makna yang sangat luas. Literasi bisa berarti melek teknologi, politik, berpikiran kritis dan peka terhadap lingkungan sekitar. Maka secara sederhana, budaya literasi dapat didefinisikan sebagai kemampuan menulis dan membaca masyarakat dalam suatu Negara.
Membaca dan menulis belum mengakar kuat dalam budaya bangsa kita. Masyarakat lebih sering menonton atau mendengar dibandingkan membaca apalagi menulis. Kondisi di atas tidak hanya pada kalangan awam (masyarakat umum), lingkungan terpelajar atau dunia pendidikan pun masih jauh dari apa yang disebut budaya literasi. Peserta didik belum tertanam kecintaan membaca. Bahkan tak sedikit dari para guru yang juga sama keadaanya. Itu bisa dibuktikan dengan minimnya jumlah buku yang dimiliki mereka. Perpustakaan sekolah yang tak terawat dapat menjadi saksi bisu betapa civitas akademika itu jauh dari budaya literasi. Sebab itu, di awal tahun pelajaran 2015-2016 yang lalu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Permendikbud nomor 23 tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti, salah satu poinnya mewajibkan para siswa untuk membaca buku 10 � 15 menit sebelum jam belajar dimulai.
Ide, gagasan, atau pendapat yang dapat digali terkait dengan budaya literasi :
Pengalaman membiasakan baca � tulis di sekolah
Mengelola perpustakaan sebagai pusat sumber belajar yang menyenangkan
Membaca dan Menulis, Kompetensi Dasar yang harus dimiliki Pendidik

Kamis, 27 Oktober 2016

Pembelajaran Menyenangkan

Pembelajaran Menyenangkan adalah suatu pembelajaran di kelas maupun di luar kelas dengan menggunakan metode pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa, mengasyikan, menjadikan siswa tertantang untuk lebih mendalami materi pelajaran, menumbuhkan kreatifitas, sehingga siswa lebih semangat dalam belajar dan hasil belajarnya/prestasinya meningkat. Pembelajaran menyenangkan dapat tercipta jika Pendidik menguasai berbagai metode pembelajaran dan meramunya sehingga menjadi metode pembelajaran yang variatif.

Belajarlah selagi ada kesempatan

menurut kamus Besar Bahasa Indonesia (2002:895) belajar adalah penguasaan pengetahuan dan ketrampilan yang dikembangkan melalui mata pelajaran, lazimnya ditunjukan dengan nilai test atau angka nilai yang diberikan oleh guru. 

Rabu, 26 Oktober 2016

Soal Ulangan Tengah Semester Ganjil SBK kelas 4 sd lengkap dengan kunci

RUBAS PAKKAMPI
MAJULAH PENDIDIKAN INDONESIA
JAYALAH INDONESIAKU
E mail: rubas.pakkampi@gmail.com
 
Soal Ulangan Tengah Semester Ganjil
Tahun Pelajaran 2016/2017

Mata Pelajaran             : SBK
Kelas                              : IV (Empat)
Hari Tanggal                :
Waktu                           :       menit
Petunjuk :
1.      Tulislah nama dan nomor indukmu pada lembaran jawaban yang telah disediakan!
2.      Bacalah dengan seksama sebelum mengerjakan soal!
3.      Kerjakan lebih dahulu soal yang menurutmu mudah!
4.      Periksalah kembali pekerjaanmu sebelum menyerahkan kepada pengawas!

A.    Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!
1.      Karya seni rupa yang dapat digunakan sebagai benda pakai disebut …
a.       Seni lukis                                                       c.   Seni rupa terapan
b.      Cetak tunggal                                                d.   Menggambar bentuk
2.      Karya seni rupa dapat dibedakan menjadi … fungsi
a.       1                                                                     c.   3           
b.      2                                                                     d.   4
3.      Dibawah ini yang termasuk contoh dari fungsi praktis adalah …
a.       Vas bunga                                                      c.   Asbak
b.      Rak hias                                                         d.   Lukisan
4.      Dibawah ini hasil karya seni rupa fungsi estetis, kecuali
a.       Rak hias                                                         c.   Kemoceng
b.      Lukisan                                                          d.   Vas bunga
5.      Vas bunga dan rak hias termasuk hasil karya seni rupa dari fungsi …
a.       Praktis                                                            c.   Estetis
b.      Pemakaian                                                     d.   Harga
6.      Gambar yang berfungsi untuk menjelaskan atau menceritakan suatu kejadian/peristiwa disebut …
a.       Gambar ilustrasi                                             c.   Gambar sejarah
b.      Gambar masa lalu                                          d.   Gambar seni
7.      Gambar ilustrasi berfungsi untuk …
a.       Memperindah ruangan                                   c.   Menghiasi tempat
b.      Memperjelas isi bacaan                                  d.   Memperindah pameran
8.      Gambar buah Apel sebaiknya diberi warna …
a.       Coklat                                                            c.   Kuning
b.      Ungu                                                              d.   Merah
9.      Gambar kehidupan di desa menunjukkan suasana …
a.       Ramai                                                            c.   Penuh polusi
b.      Damai dan tentram                                        d.   Penuh keributan
10.  Gambar orang-orang di pasar menunjukkan suasana …
a.       Sekolah                                                          c.   Rapat
b.      Sawah                                                            d.   Jual beli
11.  Rebana merupakan alat music yang dimainkan dengan cara …
a.       Ditiup                                                            c.   Dipukul
b.      Dipetik                                                           d.   Digesek

12.  Lagu kebangsaan Indonesia adalah …
a.       Halo-halo Bandung                                       c.   Hymne guru
b.      Garuda Pancasila                                           d.   Indonesia Raya
13.  Lagu “Halo-halo Bandung” ciptaan …
a.       Ismail Marzuki                                               c.   L. Manik
b.      W. R. Supratman                                           d.   Ibu Sud
14.  Salah satu lagu daerah yang berasal dari Sulawesi selatan ialah  …
a.       Ampar ampar pisang                                      c.   tudung periuk
b.      Anging mamiri                                               d.   desaku yang kucinta
15.  Lagu Apuse berasal dari …
a.       Sulawesi Utara                                              c.   Sumatera Utara
b.      Kalimantan Selatan                                       d.   Irian jaya
16.  Alat musik tak bernada yaitu …
a.       Alat musik tiup                                              c.   Alat musik ritmis
b.      Alat musik melodis                                        d.   Alat musik harmonis
17.  Gambar yang hanya memiliki panjang dan lebar disebut  …
a.       Satu dimensi                                                  c.   tiga dimensi
b.      Dua dimensi                                                  d.   empat  dimensi
18.  Dalam suatu pertunjukkan, alat music ritmis berfungsi untuk mengatur, kecuali
a.       Gerakan penonton                                         c.   Irama
b.      Tempo                                                            d.   Dinamika musik/lagu
19.  Lagu yang lahir dari tradisi rakyat/budaya daerah tertentu disebut …
a.       Lagu wajib                                                     c.   Lagu anak-anak
b.      Lagu daerah                                                   d.   Lagu nasional
20.  Lagu yang lahir dan diciptakan pada masa perjuangan kemerdekaan disebut lagu …
a.       Lagu daerah                                                   c.   Lagu wajib
b.      Lagu anak-anak                                             d.   Lagu nasional

B.     Isian
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.      Dalam seni rupa terapan rumah adat Tongkonan berasal dari daerah …
2.      Seni rupa menurut fungsinya dibedakan menjadi … dan …
3.      Gambar Apel, Jeruk, Mangga, Alpukat merupakan contoh gambar ilustrasi bertemakan…
4.      Lagu “Ibu Kita Kartini” ciptaan …
5.      Alat musk ritmis adalah …

C.    Essay
Isilah titik-titik di  bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.      Jelaskan pengertian seni rupa terapan!
2.      Jelaskan pengertian gambar ilustrasi!
3.      Sebutkan ciri-ciri lagu daerah!
4.      Apa yang dimaksud lagu wajib!
5.      Apa yang dimaksud lagu nasional!


KUNCI JAWABAN SOAL UTS SBK KELAS 4
PILIHAN GANDA


1.       C
2.       B
3.       C
4.       B
5.       C
6.       A
7.       B
8.       D
9.       B
10.   D
11.   C
12.   D
13.   A
14.   B
15.   D
16.   C
17.   B
18.   A
19.   B
20.   C



ISIAN
1.       Tanah toraja / tator
2.       seni rupa murni   dan Seni rupa terapan  =  estetis dan praktis
3.       Buah-buahan
4.       W.R Soepratman
5.       Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak dapat membunyikan nada-nada tertentu, melainkan hanya dimainkan sebagai pengiring irama dan pengatur tempo lagu.
URAIAN
1.       Seni rupa yang digunakan pada benda benda yang dipakai sehari hari.
2.       Gambar ilustrasi adalah gambar yang menjelaskan suatu teks, bacaan, cerita atau keadaan .
3.       Beberapa ciri khas lagu daerah, antara lain sebagai berikut:
  • Teks lagu daerah menggunakan bahasa dan dialek setempat. Misalkan lagu daerah Jawa Timur menggunakan bahasa Jawa dengan dialek Suroboyo-an.
  • Lagu daerah diwariskan secara turun-temurun dengan tradisi lisan. Walaupun ada lagu daerah yang tertulis, hal itu berfungsi hanya untuk kepentingan dokumentasi saja.
  • Lagu daerah pada umumnya tidak diketahui penulis atau penciptanya (anonim). Karena sifat lagu daerah adalah tidak menonjolkan ekspresi pribadi atau perorangan, tetapi pesan yang disampaikan adalah bersifat umum.
  • Lagu daerah pada umumnya memiliki susunan melodi dan syair yang sederhana. Beberapa lagu daerah hanya memiliki 2, 4 atau 8 bait saja. Ada juga lagu daerah yang menggunakan syair berbeda pada setiap perulangannya. Lagu daerah yang sederhana biasanya bisa dinyanyikan dengan baik oleh masyarakat dari etnis lagu daerah tersebut berasal.
  • Terkadang terdapat beberapa versi dari sebuah lagu di daerah berbeda dalam suatu etnis. Hal ini terjadi karena cara penyebaran lagu daerah dilakukan dari mulut ke mulut. Dalam membawakan lagu daerah, masyarakat biasanya menyanyikan dengan diiringi oleh musik daerah setempat. Misalkan lagu daerah Praon dari Jawa Tengah dinyanyikan dengan diiringi musik gamelan.
4.       Lagu wajib adalah lagu yang harus (wajib) dapat dinyanyikan oleh seluruh rakyat Indonesia. Lagu ini dicitakan untuk mengenang jasa para pahlawan dan rakyat indonesiasaat berjuang membela kemerdekaan melawan penjajah.

5.       Lagu nasional adalah lagu yang sudah dikenal oleh masyarakat secara nasional (seluruh Indonesia)