" Segala Usaha dan Pengorbanan akan dilakukan untuk mencapai sesuatu hal yang di inginkan "

Rabu, 17 Februari 2016

KISI-KISI SOAL ULANGAN SEMESTER I (PERTAMA) TAHUN PELAJARAN 2015/2016 MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) SD NEGERI 2 LAINUNGAN KELAS IV

KISI-KISI SOAL ULANGAN
SEMESTER I (PERTAMA) TAHUN PELAJARAN 2015/2016
MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN  (SBK)
SD NEGERI 2 LAINUNGAN KELAS IV

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
Bentuk Soal
No Soal
Soal
Kunci
1
2
3
4
5
6
7
8

1.1.   Menjelaskan makna seni rupa terapan.

Seni rupa terapan, cirri-ciri berbagai jenis objek.
·         Menyimak penjelasan tentang makna  seni rupa terapan.
·         Menyebutkan contoh-contoh karya seni rupa terapan yang dapat ditemukan pada kehidupan sehari-hari.

Pilihan ganda
Isian
Essay




Pilihan ganda = 1,2
Isian No.= 1
Essay No. = 1,2



Terlampir





Terlampir





1.2.   mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan yang ada di daerah setempat.





Jenis-jenis objek, tema, dan symbol dalam karya seni rupa.
·         menjelaskan beberapa jenis seni rupa terapan yang pernah diamati.
·         Menjelaskan seni rupa terapan dengan bentuk 2 dimensi.
·         mendokumentasikan contoh-contoh seni rupa  2 dimensi dan 3 dimensi
Pilihan ganda


Pilihan ganda =  4,10,11

Terlampir





Terlampir





1.3.   menunjukkan sikap apresiatif terhadap keartistikan karya seni rupa terapan.

Sikap apresiatif terhadap keindahan karya seni rupa terapan.
·         Membuat gambar dengan motif batik dengan memperhatikan sisi artistiknya.

Pilihan ganda

Pilihan ganda No.  = 3
Terlampir


Terlampir

2
2.1.     Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema benda alam: buah-buahan, tangkai, kerang, dsb.

Gambar ilustrasi
·     Menjelaskan bentuk dasar dalam menggambar.
·     Menjelaskan factor-faktor  dalam menggambar ilustrasi.alam

Pilihan ganda
Isian
Essay

Pilihan ganda No.  = 5,6
Isian No.= 2,3
Essay No. = 3,
Terlampir


Terlampir

3
3.1   Mengidentifi-kasi berbagai ragam lagu dan alat musik ritmis
Lagu dan alat musik ritmis.

·     Mengelompokkan  alat musik ritmis dan melodis.
·     Menunujukkan cara memainkan alat musik ritmis
·     Mengenal lagu daerah yang dikenal dari tempat asalnya.
·     Mengenal lagu daerah yang terkenal dari Nusantara.
·     Mengenal lagu wajib dan penciptanya
Pilihan ganda
Isian
Essay

Pilihan ganda No.  =12
Isian No.=4,5,6
Essay No. =5
Terlampir


Terlampir


3.2   Menunjukkan sikap apresiatif terhadap berbagai ragam lagu dan alat musik ritmis

Irama, tempo serta dinamik lagu
·     menyebutkan beberapa  judul lagu daerah yang terkenal di Nusantara
Pilihan ganda

Pilihan ganda No.  =13
Terlampir


Terlampir

4
4.1 Menyiapkan permainan alat musik ritmis
Bernyanyi diiringi alat musik ritmis
·     Membaca not angka yang terpampang di papan tulis sebuah lagu anak-anak
Isian
Isian No.= 8, 10
Terlampir


Terlampir

5
5.1.  Mengidentifik-asi gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara daerah setempat

Tari Nusantara
·     menjelaskan cirri-ciri dalam gerak tari Nusantara.
·     menjelaskan keragaman busana tari Nusantara.
·     menjelaskan perbedaan gerakan yang khas dalam tari daerah di Nusantara

Pilihan ganda
Essay

Pilihan ganda No.  =14,15
Essay No. = 4

Terlampir


Terlampir


5.2.  Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan gerak, busana, dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah setempat

Tari Nusantara
·     menyebutkan nama tarian dan nama  daerah asalnya.

Isian
Isian No.= 9
Terlampir


Terlampir

6
6.1. Menyiapkan peragaan tari Nusantara daerah setempat

Memperegakan tarian Nusantara

·     Melakukan latihan dengan intensif agar memberikan penampilan yang prima.

Isian
Isian No.= 7
Terlampir


Terlampir

7
7.1 Mengidentifikasi jenis karya kerajinan Nusantara

Karya kerajinan Nusantara
·     Menjelaskan berbagai  jenis kerajinan Nusantara
·     Menyebutkan kerajinan dari kain

Pilihan ganda

Pilihan ganda No. = 7
Terlampir


Terlampir

8
8.1 Merancang karya kerajinan dengan memanfaatkan teknik atau motif hias Nusantara

karya kerajinan dengan memanfaatkan teknik atau motif hias Nusantara
·      Merancang karya kerajinan dengan teknik aplikasi
Pilihan ganda

Pilihan ganda No.  = 8, 9
Terlampir


Terlampir










                                                                                                                                                                          
KISI-KISI SOAL ULANGAN
SEMESTER I (PERTAMA) TAHUN PELAJARAN 2015/2016
MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN  (SBK)
SD NEGERI 2 LAINUNGAN KELAS IV

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
Bentuk Soal
No Soal
Soal
Kunci
1
2
3
4
5
6
7
8

1.1.   Menjelaskan makna seni rupa terapan.

Seni rupa terapan, cirri-ciri berbagai jenis objek.
·         Menyimak penjelasan tentang makna  seni rupa terapan.
·         Menyebutkan contoh-contoh karya seni rupa terapan yang dapat ditemukan pada kehidupan sehari-hari.

Pilihan ganda
Isian
Essay




Pilihan ganda = 1,2
Isian No.= 1
Essay No. = 1,2



Terlampir





Terlampir





1.2.   mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan yang ada di daerah setempat.





Jenis-jenis objek, tema, dan symbol dalam karya seni rupa.
·         menjelaskan beberapa jenis seni rupa terapan yang pernah diamati.
·         Menjelaskan seni rupa terapan dengan bentuk 2 dimensi.
·         mendokumentasikan contoh-contoh seni rupa  2 dimensi dan 3 dimensi
Pilihan ganda


Pilihan ganda =  4,10,11

Terlampir





Terlampir





1.3.   menunjukkan sikap apresiatif terhadap keartistikan karya seni rupa terapan.

Sikap apresiatif terhadap keindahan karya seni rupa terapan.
·         Membuat gambar dengan motif batik dengan memperhatikan sisi artistiknya.

Pilihan ganda

Pilihan ganda No.  = 3
Terlampir


Terlampir

2
2.1.     Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema benda alam: buah-buahan, tangkai, kerang, dsb.

Gambar ilustrasi
·     Menjelaskan bentuk dasar dalam menggambar.
·     Menjelaskan factor-faktor  dalam menggambar ilustrasi.alam

Pilihan ganda
Isian
Essay

Pilihan ganda No.  = 5,6
Isian No.= 2,3
Essay No. = 3,
Terlampir


Terlampir

3
3.1   Mengidentifi-kasi berbagai ragam lagu dan alat musik ritmis
Lagu dan alat musik ritmis.

·     Mengelompokkan  alat musik ritmis dan melodis.
·     Menunujukkan cara memainkan alat musik ritmis
·     Mengenal lagu daerah yang dikenal dari tempat asalnya.
·     Mengenal lagu daerah yang terkenal dari Nusantara.
·     Mengenal lagu wajib dan penciptanya
Pilihan ganda
Isian
Essay

Pilihan ganda No.  =12
Isian No.=4,5,6
Essay No. =5
Terlampir


Terlampir


3.2   Menunjukkan sikap apresiatif terhadap berbagai ragam lagu dan alat musik ritmis

Irama, tempo serta dinamik lagu
·     menyebutkan beberapa  judul lagu daerah yang terkenal di Nusantara
Pilihan ganda

Pilihan ganda No.  =13
Terlampir


Terlampir

4
4.1 Menyiapkan permainan alat musik ritmis
Bernyanyi diiringi alat musik ritmis
·     Membaca not angka yang terpampang di papan tulis sebuah lagu anak-anak
Isian
Isian No.= 8, 10
Terlampir


Terlampir

5
5.1.  Mengidentifik-asi gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara daerah setempat

Tari Nusantara
·     menjelaskan cirri-ciri dalam gerak tari Nusantara.
·     menjelaskan keragaman busana tari Nusantara.
·     menjelaskan perbedaan gerakan yang khas dalam tari daerah di Nusantara

Pilihan ganda
Essay

Pilihan ganda No.  =14,15
Essay No. = 4

Terlampir


Terlampir


5.2.  Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan gerak, busana, dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah setempat

Tari Nusantara
·     menyebutkan nama tarian dan nama  daerah asalnya.

Isian
Isian No.= 9
Terlampir


Terlampir

6
6.1. Menyiapkan peragaan tari Nusantara daerah setempat

Memperegakan tarian Nusantara

·     Melakukan latihan dengan intensif agar memberikan penampilan yang prima.

Isian
Isian No.= 7
Terlampir


Terlampir

7
7.1 Mengidentifikasi jenis karya kerajinan Nusantara

Karya kerajinan Nusantara
·     Menjelaskan berbagai  jenis kerajinan Nusantara
·     Menyebutkan kerajinan dari kain

Pilihan ganda

Pilihan ganda No. = 7
Terlampir


Terlampir

8
8.1 Merancang karya kerajinan dengan memanfaatkan teknik atau motif hias Nusantara

karya kerajinan dengan memanfaatkan teknik atau motif hias Nusantara
·      Merancang karya kerajinan dengan teknik aplikasi
Pilihan ganda

Pilihan ganda No.  = 8, 9
Terlampir


Terlampir